Museum itu Seru

Tanggal 3 September kemarin, saya dan Agatha melakukan Tour de Museum di kawasan kota tua Jakarta. Mulai dari Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), museum Wayang, dan terakhir Museum Bank Indonesia. Kami tidak ke Museum keramik karena tutup dalam rangka renovasi. Biaya masuk museum wayang dan fatahilah masing-masing Rp. 2000, museum BI gratis alias tidak di pungut bayaran. Museum fatahillah yang terkenal bagi saya biasa aja. Museum wayang sedikit lebih baik & lebih menarik. Saya kagum sekali akan kekayaan khazanah wayang Indonesia. Dulu saya pikir wayang cuma ada di Jawa, Jawa Tengah khususnya. Namun ternyata wayang jd terdapat di provinsi-provinsi lain di Indonesia. Terdapat wayang kulit, wayang golek, topeng dll di museum ini. Mulai dari yang kecil hingga yang seukuran manusia. Saya jg senang sekali melihat ada boneka Unyil dkk di pamerkan di museum ini. Juga ada banyak wayang, boneka, patung dari negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, China, Rusia, Eropa dll di pamerkan di sini, saya senang mengunjungi museum wayang, saya merekomendasikan tempat ini untuk di datangi.

Museum Bank Indonesia (MBI) jauh lebih keren. Slain karena GRATIS, MBI memberikan jauh diluar bayangan saya. Seluruh area MBI ber-AC sehingga kita nyaman berlama-lama menikmati dan memperlajari apa yang di pamerkan. MBI juga memanjakan pengunjungnya dgn multimedia yang cukup baik, untuk menginformasikan sejarah keuangan & ekonomi. MBI menunjukan mulai dari perdagangan rempah, kedatangan Belanda, Jepang, Kemerdekaan, Krismon 60an era Sukarno, pemecahan nilai uang, hingga Krismon 98, dgn cukup baik & edukatif, sehingga awam seperti saya bisa paham tentang ekonomi & keuangan. Berbagaimacam uang koin kertas dari zaman ke jaman di pamerkan di sini, juga ada uang dari puluhan negara di dunia. Ingin rasanya berlama-lama di MBI, namun karena ini museum yang terakhir kami datangi, kami hanya punya waktu kurang dari 2 jam menjelang MBI tutup, yang saya rasa belum cukup, tapi sudah cukup membuat saya kagum. I’m delight and amaze with MBI. Saya tidak hanya menyarankan tapi mewajibkan setiap anda untuk datang dan menikmati sendiri apa yang MBI tawarkan.

Selama ini orientasi kita jika berlibur itu = belanja. Banyak keluarga menghabiskan akhir pekan di mall atau ke Bandung, yang akhirnya belanja-belanja juga. Why not try something new? Museum salah satunya. Museum adalah tempat yang menarik untuk di kunjungi. Itu tidak menguras dompet kita, tapi menambah wawasan dan pengetahuan kita. Museum nasional juga sedang berbenah dan saya rasa akan sama or lebih baik dari MBI (I wish). Apalagi jika kita pergi dgn anak kita, its very good for they knowledge.

Tinggalkan pola pikir mengenai museum yang berdebu, gelap, angker, sepi. Museum skarang sudah beda. Museum skarang terang, ramai, nyaman dan menarik. So, mari kita ke Museum, karena Museum itu seru, fun

About sputra

A son, a brother, traveler, God Chaser, full packed vision for impacting this generation
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

