false negative

Saya baru saja slesai donor darah, untuk yg ke 31 x nya. Saya ga bisa spt Mother Teresa yg menolong banyak orang di Kalkuta, but at least saya bisa menolong seseorang dgn sbagian darah saya.

Slain itu donor darah kita mendapatkan free pengecekan terhadap penyakit Hepatitis & HIV. So jika kita donor dan setelahnya di test positif penyakit itu, maka darahj kita akan langsung di musnahkan, tidak di pakai, dan ybs akan mendapat surat dari PMI.

Tapi bukan itu yg saya mau bahas skarang. Saya teringat seorang distributor perusahaan yang donor darah dalam rangka bakti sosial perusahaan. Ibu ini di ambil darahnya. Kemudian sperti biasa di ambil 2 tabung kecil untuk test. Yg mengejutkan adalah ibu ini mendapat surat hasil test HIV nya positif. Ibu ini adalah wanita baik-baik jadi hampir mustahil terkena HIV. hal ini Mengagetkan seluruh keluarga. Kemudian mereka test lagi hasilnya sama. Mereka kemudian test di lab luar, dan baru di ketahui hasilnya negatif.
Pemeriksaan lab HIV kadang memang membuat hasil positif palsu. Ini yg saya duga terjadi pada ibu itu.

False positive memang annoying, tapi apa false negative jauh lebih berbahaya.
Tanpa bermaksud menyalahkan siapapun, namun yg jd concern saya adalah bagaimana jika hasil positif namun oleh alat di terjemahkan negatif palsu? Hal ini bisa berbahaya dan darah penderita masuk ke pasien. Dan penyebaran penyakit melalui transfusi darah. Smoga hal ini tdk pernah terjadi dan tetap menjadi imajinasi liar saja.

About sputra

A son, a brother, traveler, God Chaser, full packed vision for impacting this generation
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

