Prediksi Pemilukada Jakarta 20 Sept

Hasil pemilukada Jakarta putaran 1 pada 11 Juli memunculkan 2 kandidat yang akan bertarung pada putaran 2 pada 20 September yaitu pasangan Jokowi-Ahok dengan 43% dan pasangan petahana Foke-Nara dengan 32%.

Jika tidak terjadi hal yang spektakuler, saya dapat meramalkan pasangan Jokowi-Ahok akan keluar sebagai pemenang. Kenapa? Karena sisa dari 32% atau sekitar 68%pemilih sebenarnya adalah orang yang tidak puas dengan kerja incumbent. Suara mereka terbagi ke 5 calon, dengan mayoritas suara ke Jokowi. Maka saat hanya dihadapkan pada 2 calon, incumbent dan yang baru, maka dapat dipastikan mayoritas dari mereka akan memilih calon baru yaitu Jokowi-Ahok. Hal ini akan lain ceritanya jika kedua calon yang maju ke putaran 2 adalah calon-calon yang baru, maka hasilnya akan sulit diprediksi.

Dengan begitu saya mempredikasi hitungan yang pesimis untuk kemenangan Jokowi adalah sekitar 65% sementara Foke akan meraih tambahan suara maksimal 10% dari sebelumnya yaitu sekitar 3% sehingga Foke akan mendapatkan sekitar 35% pada pemilukada putaran 2. Walau tidak tertutup kemungkinan Jokowi akan menang dengan Margin yang lebih besar.

About sputra

A son, a brother, traveler, God Chaser, full packed vision for impacting this generation
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s