Cinta 101

Mengapa saat ini banyak pria/wanita sulit untuk menemukan dan membina hubungan serius menuju pernikahan? Here are some tips to do & don’t to build a strong, good, healthy and long lasting relationship.

1. Filter
Hanya ada satu saringan yang wajib kita terapkan sebelum naik pada taraf berikutnya dalam sebuah hubungan yaitu SATU AGAMA. Anda tidak dapat meneruskan ke hubungan yang lebih serius jika berbeda agama. Memang dalam kasus khusus Tuhan memiliki rencana dalam hubungan beda agama, namun ini langka dan jarang, dan khusus bagi seseorang dengan tingkat kerohanian tinggi. Namun jika anda merasa berdoa saja jarang, dan kadar rohani rata-rata, sbaiknya langsung berkata tidak pada hubungan beda agama.

Beda agama akan sangat menguras emosi, tenaga dan waktu. Sementara hal itu juga diperlukan dalam membangun pernikahan baru. Jadi say no pada pacaran beda agama.

Satu hal lain yang wajib adalah beda jenis kelamin, anda dilarang menikah dengan yang sejenis dengan anda haha. Elektron pasangannya proton, demikian juga pria pasanganya adalah wanita, bukan 1/2 wanita atau pria lain.

Sementara perbedaan lain seperti usia, lebih tua/lebih muda, pendidikan, suku itu TIDAK Absolut. Memang persamaan hal diatas akan membuat hubungan lebih mudah, namun itu tidak selalu seperti itu. Jika anda seorang Batak memiliki pasangan non-Batak juga dapat membuat anda memiliki pernikahan yang bahagia.

2. Acceptance
Ada banyak orang gonta-ganti pacar dengan alasan tidak cocok. Well, kita ga akan pernah ketemu orang yang sempurna dan ideal. Siapapun pasangan kita pasti punya kekurangan. Sadari, bahkan kita sendiri punya kekurangan. Jadi stop mencari yang sempurna, it doesn’t exist. Tapi jika anda sungguh mencintainya, maka anda akan menerima kekurangan-kekurangan pasangan anda. Sama seperti pasangan anda juga menerima segala kekurangan anda.

3. Kemapanan (for guys)
Jangan takut, Jika anda sudah lulus kuliah, atau sudah bekerja, maka anda sudah mulai dapat mencari pasangan. Jangan tunggu sampai mapan baru mencari, itu sudah telat. Namun jika hendak menikah, barulah sebaiknya kita sudah cukup mapan untuk menghidupi keluarga kita. Yang artinya pendapatan kita sisa dan cukup untuk menghidupi pasangan kita.

4. Saling mengalah
Cinta itu melibatkan 2 orang, jadi kata ‘saling’ berperan besar di sini. Dalam membina hubungan serius yang baik, kita harus siap untuk saling mengalah. Tidak ada trophi untuk pemenang dalam urusan cinta. Jika anda harus selalu mengalah maka cinta pasangan anda perlu dipertanyakan. Sebaliknya jika anda menuntut pasangan anda untuk selalu mengalah, maka cinta anda pada dia perlu di kaji ulang.

5 Kekudusan
Kekudusan penting dijaga dalam sebuah hubungan. Batasi waktu anda bertemu dengan pacar anda. 200 jam adalah waktu maksimal untuk bertemu dengan pacar anda sejak memutuskan untuk serius dan tanggal pernikahan. Jika tidak,maka besar kemungkinan kita akan jatuh dalam dosa.

6. Komunikasi
Last but not least, kunci terpenting dalam membina sebuah hubungan adalah komunikasi. Perbanyaklah komunikasi dengan calon anda dengan cara apapun, email, bbm, sms, telp. Hal ini akan membuat anda akan semakin mengenal satu sama lain. Dan pasangan anda bukan dewa yang tau isi hati anda, jadi bicaralah, utarakan isi hati dan kemauan anda pada pasangan, jika terjadi perbedaan, maka lihat kembali point 4.

Selamat membina hubungan.


Disampaikan pada KESAN Profesi MDC @ Food Court Plaza Semanggi 23 Agt 2012

About sputra

A son, a brother, traveler, God Chaser, full packed vision for impacting this generation
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s