Apa Salahnya merayakan Valentine?

Tahun ini banyak pemda dan pemkot mengeluarkan aturan pelarangan perayaan Valentine di daerah mereka. Saya akan coba bahas keberatan keberatan mereka yang saya baca dari berbagai portal berita.

1. Bukan budaya asli Indonesia
Ini memang benar, Valentine bukan budaya asli kita, tetapi Idul Fitri, Natal, Imlek juga bukan budaya Asli Indonesia. Jadi alasan ini sungguh dangkal dan lemah.

2. Merayakan Kasih Sayang tidak cuma setahun sekali.
Ini juga tidak kuat. Alasan ini sama saja menyarankan tidak usah Idul Fitri karena bermaaf-maafan tidak cuma sekali setahun. Sama seperti Idul Fitri yang menjadi pengingat kita untuk selalu memaafkan, demikian juga hari Valentine dapat menjadi monumen untuk kita juga dapat selalu penuh kasih sayang terhadap sesama. Hal ini penting karena manusia karena kesibukan rutinnya mudah lupa akan hal hal esensi. Sehingga kita perlu pengingat untuk kembali ke dalam track kita, manusia yang sebaik baiknya bagi masyarakat.

3. Valentine disalahgunakan untuk melakukan maksiat.
Pertama—tama maksiat tidak terjadi hanya saat valentine, itu terjadi setiap hari, kita sadar atau tidak. Itu bukan salah hari Valentine, itu salah orangnya, oknum. Sama seperti anggota DPR atau pejabat yang korup, apakah institusi DPR kita bubarkan? Tentu tidak. Oknum-oknum nya kita tangkap dan adili. Demikian juga dengan mereka yang maksiat, bukan Valentine yg dilarang, tapi yang maksiat yang ditangkap dan dibina. Mereka yang melakukan maksiat saat Valentine bukan sedang merayakan kasih sayang, tapi sedang merayakan hawa nafsu.
Saya bukanlah tipe permisif mengizinkan budaya asing masuk ke Indonesia. Saya tidak setuju andaikata Halloween masuk Indonesia. Tapi Valentine memiliki banyak hal baik dan juga memiliki sejarah yang baik, sehingga tidak ada salahnya untuk kita merayakannya. Apalagi ditengah kondisi bangsa yang makin cuek, egois, penuh kebencian akibat radikalisme, Valentine dapat menjadi obat penawar bagi kondisi kekinian bangsa ini.

Valentine juga terlalu sempit jika hanya dirayakan oleh mereka yang dalam masa pacaran. Kasih sayang dapat dirayakan untuk seluruh anggota keluarga. Bersama para sahabat sehingga yang jomblo juga bisa berpartisipasi, bersama teman teman sekomunitas, atau bersama mereka yang kurang beruntung di panti asuhan. Kasih sayang juga bisa kita berikan untuk alam, bahkan bangsa dan negara. Kasih sayang memiliki makna dan aplikasi yang amat luas dan dalam.

Selamat merayakan hari Valentine. Sebarkan kasih sayang untuk sesama.

About sputra

A son, a brother, traveler, God Chaser, full packed vision for impacting this generation
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s